Prediksi LSI 9 Partai di Parlemen 2009

Jakarta, DetikNews – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyatakan Pemilu 2009 kali ini menjadi kuburan bagi partai-partai politik kecil. Akibat menciutnya jumlah parpol yang mungkin lolos dalam Parliamantary Threshold, parlemen atau DPR akan semakin ramping.

“Dengan hasil perolehan suara sementara ini menunjukan hanya ada sembilan parpol yang akan masuk PT. Beda dengan hasil Pemilu yang meloloskan 16 parpol, ini mengakibatkan DPR semakin ramping,” kata Direktur Eksekutif LSI Denny JA dalam keterangan pers tentang hasil quick count perolehan suara Pemilu 2009 di kantornya Jl Pemuda Raya No 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2009) malam.

Menurut Denny, sembilan parpol yang akan masuk DPR itu adalah PD, PDIP, Golkar, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra dan Hanura. Sementara pada Pemilu 2004 lalu, ada 16 parpol, yaitu Golkar, PDIP, PPP, PKB, Partai Demokrat, PAN, PBB, PBR, PDS, PKPB, PKPI, PPDK, PNBK, PNI Marhaen, Partai Pelopor dan PPDI.

Denny menjelaskan, Pemilu 2009 ini ternyata menjadi kuburan sejumlah partai politik kecil, yaitu Partai ‘satu koma’. Di antaranya PBB (1,63 persen), PKPN (1,57 persen), PKNU (1,36 persen), PDS (1,31 persen), PBR (1,24 persen) dan PPRN (1,1 persen). Sisanya partai politik yang dikategorikan Partai ‘nol koma’.

(zal/mad)